Casting di Pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo

Tanggal : 04 Oktober 2013
Lokasi Mancing : Pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo, Sul-Sel
Nama Anglers : Saya Sendiri
Nama Kapal : –
Kapten Kapal : –
Ongkos Sewa : 500 perak, Karcis masuk
Spot : Atas dermaga
Angin : Rasa2nya angin Timur
Kondisi Arus : Surut, arus sedang
Cuaca : Berawan
Ombak : sedikit berombak

Ikan yg di dapat : Baby Barakuda
Ukuran yg terbesar : kurang tau, soalnya tidak ada timbangan🙂

Teknik Memancing : Casting

Umpan yg digunakan : Surecatch Lure & Hinomiya

Setelah jadwal mancing ke tengah laut dengan terpaksa harus dibatasi akhir2 ini karena banyak pertimbangan, baik itu pertimbangan mengenai kondisi labil ekonomilah, jam nguli bertambahlah, faktor cuaca yang masih juga susah ditebak, masih dalam kondisi angin timur yang bikin gregetan sampe kapaaan berentinya walau sudah ada pertanda akan mulai mereda musimnya, blom lagi ada kabar baik kalau sang istri tercinta sudah ngisi sebulan lebih, degdegan rasanya nunggu anak pertama, pikiran sudah melayang2 jauh seperti apa rasanya punya anak, dengar kabar saja sudah senang bukan main🙂 hehe maap yah om jadi curhat beginii.
jadi mau tidak mau ingin tidak ingin jadwal mancing ketengah harus dibatasi sebisa mungkin. cukup main pinggiran saja, yang penting rasa sakau bisa sedikit terobati.
Next…
hari jum’at pagi pikiran sudah gelisah setelah 2 hari lalu survey ke spot, liat-liat kondisi air yang rasanya untuk mancing di jum’at sore masih kurang baik. setelah dipelajari beberapa kali dan dari hasil diskusi dengan teman, ikannya baru mau makan jika kondisi arus mulai surut hingga menjelang pergantian menjadi pasang. dapat kondisi segitu kali yah? ahhhh coba saja dulu.
Jam menunjukkan pukul 15.30 harap2 cemas kerjaan blom kelar juga. dalam hati mudah2an semua bisa kelar setengah jam kedepan. namun ternyata molor, hingga hampir pukul 16.20. tinggalkan tempat nguli menuju kerumah. hanya ganti pakaian dan ambil tackle yang tadi pagi sudah dipersiapkan.. ayo kita GOOO menuju spot idaman!! jebretttt!
16.35 sampai juga di pelabuhan, parkir motor lalu sambil berjalan tackle langsung dipersiapkan saking tidak sabarnya melempar umpan, ikat lure baik baik dan akhirnya tiba di spot yang memang tidak jauh dari lokasi parkir. Tidak menunggu waktu lama lagi lemparan pertama pun berhasil landed ke titik sang ikan berkeliaran. lemparan pertama kosong, selanjutnya kedua, ketiga hingga mungkin sampe lemparan ke sepuluh belum juga ada sambaran, wah akan boncos nih rasanya. Lalu lanjuttt, posisi digeser lima meter kesamping dan mengubah titik lemparan. lemparan pertama seperti ada sambaran tapi lemah, lemparan kedua sambaran ada lagi tapi tidak juga terjadi hook up, lemparan ketiga, keempat, kelima masih tetap ada sambaran tapi mocel terus. waduh bagemana nih… apa ada yang salah dengan lure yang saya gunakan?
akhirnya lure yang baru saja di beli beberapa waktu lalu diganti dengan lure pamungkas, lure murmer dari hinomiya.  Lemparan pertama ada sambaran tapi tetap mocel, retrieve lambat namun konstan ikannya mocel, retrieve cepat dan konstan keliatan ikannya memburu dari belakang namun akhirnya mengubah arah ketika sudah dekat. aduh galauuu melanda.
Hingga akhirnya bergeser posisi lagi sedikit beberapa meter lagi dan memperbaiki posisi retrieve, dan disini mulailah strike bertubi tubi terjadi. Hampir tiap kali lemparan sambaran terjadi, kadangkala keliatan sang baby barakuda memburu lure 2 sampai 3 ekor mengikuti rekannya yang berhasil kena tipu, ada juga sekali yang jumlah nya puluhan ekor.  bikin gimanaaa gituuu!!
Hingga perolehan mencapai 19 ekor saya pun memilih untuk menyudahi acara casting2an. Mocel sudah tidak terhitung, namun ikan yang landed pun sudah memuaskan rasa sakau saya untuk sementara waktu. Jam di HP menunjukkan jam 17.20, akhirnya saya pamit sama pemancing disebelah yang masih asik dengan buruannya. Demikian report dari saya, Mohon maaf om-om moderator jika reportnya belepotan yah🙂 Piss
Gambar

Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s