Jalan-Jalan ke Kebun Binatang

emak, aku sudah mandi pake sabun wangi
yang emak beli kemarin di warung bang roni
ini masih jam lima pagi
tapi aku harus bergegas, mak… aku takut ditinggal pergi
aku juga sudah sholat subuh tadi
bersama ustad fery di langgar tepi kali
bangun kan bapak, mak… tadi wudhu tapi tidur lagi

emak, hari ini aku mau ke kebun binatang
tolong bawakan aku bekal serantang
buat aku santap dengan teman-temanku segudang
biar cuma lontong sayur kangkung atau kacang panjang
aku tidak akan malu, mak… karena itu dibuat dengan rasa sayang
meskipun banyak temanku bawa uang dan roti selai kacang
tapi aku yakin bukan emaknya yang memanggang

emak, bagaimana rupa kebun binatang itu
aku takut kalau sampai kesitu
teman-temanku yang sombong mengataiku
ada saudaraku di situ
apa benar, mak….begitu
mengapa mereka mengejekku
apa salahku…
apa karena aku anak tukang sapu
lantas aku menjadi tak berharga seperti itu

emak, kata pak guru aku muridnya yang paling cerdas
hingga aku di jadikan pimpinan rombongan kelas
banggakah engkau padaku, mak? tanyaku memelas
banggakah bapak padaku, mak? tanyaku tak lepas
karena aku bangga punyai kalian dalam hidup bak gelas
karena hanya dengan menengadahkan tanganku padaNya dengan ikhlas
ku berharap balas
atas doa-doa yang tiada pernah berbatas

emak, aku pamit ke kebun binatang….

ita’ 17042010

di COPAS dari salah satu catatan fb teman…

Sumber : http://www.facebook.com/omengkoe#!/notes/ita-haryani/jalan-jalan-ke-kebun-binatang/115601245126199

2 thoughts on “Jalan-Jalan ke Kebun Binatang

Tinggalkan Balasan

