My Facebook

Isi tulisan ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan lagu dari salah satu band senior GIGI yang ternama dan sudah malang melintang di blantika musik Indonesia yang menceritakan tentang kisah romantis dari masa lalu yang kembali bersemi di dunia maya melalui jejaring sosial FACEBOOK. Situs yang saat ini masih/lagi marak-maraknya diakses orang hampir “dari segala umur “😦, Saya katakan hampir dari segala umur karena di daerah (Kota Palopo) saya anak SD saja sudah ada yang mempunyai account FB :(! Kenapa bisa yah? apa yang mendorong anak usia dini ini hingga mempunyai account di “situs sejuta umat”?. Kalau yang usianya sudah “tua”, paling alasannya yah coba-coba saja biar tidak dikatakan tidak ketinggalan jaman, biar bisa saling berhubungan dengan orang-orang via dunia maya baik itu keluarga, sahabat, rekan kerja atau orang-orang yang sama sekali belum kita kenal sebelumnya.

Terus selanjutnya apa?

Hmm Paragraf diatas cuman mukaddimah belaka, intinya ada pada judul tulisan yang [tabe’/maaf] menduplikat judul lagu dari Gigi dengan “My Facebook”nya juga sebagian dari liriknya yang menjadi inspirasi kali ini.

Jika kita bercerita tentang facebook tentu hal yang tidak asing lagi ditelinga kita. Ada banyak topik yang menarik sehubungan dengan benda maya ini. Berbicara tentang teknologi, facebook sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi, tanpa adanya teknologi jaringan internet maka facebook tidak akan ada. Mau buka facebook tanpa jaringan internet sama saja bohong, hingga ribuan tahun menunggu tak akan terbuka.

Itu jika kita berbicara tentang kaitannya dengan teknologi, lain halnya jika kita berbicara tentang tujuan kita memiliki facebook. Andaikan saja kita bertanya sama orang yang memiliki fb, “apa tujuan anda memiliki fb?”. Jawabannya bisa saja beragam, seperti : Iseng-iseng saja biar tidak dikatakan ketinggalan zamanlah, biar bisa tetap bisa menjalin ikatan silaturrahmi dengan keluarga sahabat dan rekan kerjalah, biar memperluas jaringan pertemananlah atau yang berhubungan dengan masa depan seperti ancang-ancang untuk jadi Caleg dipemilihan yang akan datang, mencari pasangan hidup bagi yang merasa kesulitan mendapatkannya lewat media iklan koran kertas, atau menggunakan jasa seorang teman. Perlu dicatat, facebook salah satu media yang lumayan ampuh melayani kemauan anda!.

Berawal dari Facebook!

Tak bisa dipungkiri facebook saat ini menjadi salah satu trend, separuh orang disegala tingkatan usia yang mahir baca tulis mengaksesnya. Jika kita memandang dari sisi positifnya, facebook bisa jadi media yang tepat bagi yang menjadikan facebook sebagai media informasi.

Berawal dari facebook, kita bisa berbagi informasi tentang perkembangan baik itu politik, ekonomi, agama dan lain-lain yang terjadi di sekitar kita ataupun yang terjadi di luar sana.

Berawal dari facebook, kita bisa mendapatkan pemecahan masalah dari beberapa sudut pandang orang-orang tentang problema hidup yang sengaja dilontarkan melalui status.

Berawal dari facebook, dunia serasa tak selebar dari yang kita ketahui, teman yang jauh dan sudah lama tidak berjumpa terasa berada disamping kita saling berinteraksi, berbagi pengalaman dan atau sekedar mengetahui keadaannya.

Berawal dari facebook, kita juga bisa mendapatkan hal yang baru, seperti kebudayaan dari suku lain, pola hidup dan cara bercakapnya.

Berawal dari facebook, kita bisa sedikit belajar tentang psikolog, kita dapat mengenal karakter dari seseorang.

Berawal dari facebook, fungsi asli dari hp seperti fasilitas percakapan dan kirim pesan sudah mulai ditinggalkan, berganti dengan aplikasi yang berkaitan dengan facebook.

Berawal dari facebook, banyak yang tergila-gila karenanya… Ada seorang teman pengakses setia fb lewat ponselnya pernah mengatakan, “lebih baik pulsa untuk nelpon habis daripada pulsa buat facebookan!”. Bayangkan seberapa besar pengaruh dari fb ini sampai si teman begitu tergila-gila?.

Berawal dari facebook, banyak yang sering gelisah, gelisah jika nantinya ada komentar dari status atau ada pesan yang masuk. Pokoknya tidak sahlah rasanya jika tidak membukanya!

Berawal dari facebook, banyak waktu yang terbuang percuma. Sering lupa waktu hingga berjam-jam lamanya hanya pulsa yang habis dan hp lowbat yang bisa menghentikannya.

Hmmm… segitu besarkah pengaruh dari situs sejuta umat ini sampai sulit untuk dihentikan dominasinya saat ini? Sulit memang untuk dihindari tapi enjoy saja, yang terpenting pandai-pandai mengatur dan jangan diatur olehnya🙂

8 thoughts on “My Facebook

  1. berawal dari facebook..

    kau datang dengan cara tiba-tiba..

    wah jadi nyanyi deh..

    wah ternyata banyak mentong manfaatnya ini facebook..

    kadang yang bermanfaat jika disalahgunakan bisa malah merugikan hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s