Mappacci

Tanggal 09/02/2009 kemarin adikku menikah. Anak bungsu dari 3 besaudara ini melangsungkan pesta pernikahannya tepatnya di Jalan We Cudai Kota Palopo dengan cukup meriah dan bahagia. Pas malam mappacci tepatnya dimulai pukul 20.00 saya sempat ngambil gambarnya.

mappacciGambar 1

gambar 2 Gambar 2

Gambar 2Gambar 3

Gambar 4Gambar 4

Gambar 5Gambar 5

Gambar 6Gambar 6

Mappacci merupakan salah satu ritual adat Bugis yang dilakukan sebelum acara akad nikah dilaksanakan keesokan harinya. Kalau diartikan ke bahasa Indonesia Mappacci itu artinya membersihkan diri. Baik itu membersihkan diri secara jasmani maupun secara rohani Sejarah mappacci dulunya dilaksanakan pertama kali oleh raja-raja Bone yang akan melangsungkan pesta pernikahan untuk membersihkan diri dan melepas masa lajang mereka dan kini sudah menjadi adat istiadat bagi bugis makassar. Bila kita mencari dasar hukum dari mappacci di dalam Al-Qur’an maupun Hadist tidak ada terdapat didalamnya sehingga mappacci ini sifatnya bukan wajib juga bukan sunnah. Jika bukan sesuatu yang wajib dan sunnah jadi mubah yah kayaknya tapi tidak sampai bersifat haram. Adapun perlengkapan-perlengkapan yang disiapkan untuk ritual mappacci memiliki makna tersendiri namun yang paling utama itu ketersediaan daun pacci yang akan digunakan nanti baik yang telah dihaluskan maupun yang masih dalam bentuk ranting-ranting kecil sebagai penghias. Perlengkapan lainnya seperti :
– tai bani, lilin yang disimbolkan sebagai penerang,
– beras yang telah di sangrai yang memiliki makna berkembang dengan baik,
– Bantal yang memiliki simbol kehormatan,
– Diatas bantal diletakkan sarung sutera yang dilipat segitiga dan berjumlah 7, kadang juga sampai 11 lembar. Menurut kepercayaan bugis Bone angka sebelas merupakan angka keberuntungan.
– Di atas sarung diletakkan pucuk daun pisang sebagai simbol kehidupan. Tumbuhan pisang merupakan tumbuhan yang selalu tumbuh dan berkembiang biak secara terus menerus.
– Di atas pucuk daun pisang diletakkan pula daun nangka sebanyak 7 atau 9 lembar sebagai simbol harapan.

Dalam ritual mappacci juga sering disertakan dengan ritual lainnya seperti mappanre temme’. Mappanre temme’ atau maccera baca (kalo tidak salah kedua kata ini sama saja, kalau salah tolong dibetulkan dengan mengisi komen dibawah) artinya yaitu ritual menamatkan bacaan Al-Qur’an dengan memotong 2 eokr ayam. Sempat juga disuruh untuk ikut mappanre temme’ namun tidak jadi, alasannya saya nanti tidak ada yang ngambil gambar padahal sudah ada yang bertugas untuk itu heheh.

5 thoughts on “Mappacci

  1. pantas baru online lagi…
    sibuk ya.

    wah, ada yg lambung kiri nih bos..

    =========

    Iya nih tapi insya Allah akan nyusul juga, soalnya dah g sabaran lg nih, cuman calonx blm ada hehe.

  2. salam kenal….
    saya ertarik untuk mengetahui penjelasan mengenai tata cara prosesi pernikahan adat bugis maupun makassar..serta makna dari simbol-simbol adat dalam pernikahan tersebut…seperti…..wala soji beserta isinya….
    siapa tau kita ada data atau artikel tersebut…karena saya tertarik setelah membaca artikel mappacci di blogta…
    thanks

    Insya Allah nanti kalo data2nya terkumpul segera saya akan posting.
    Terima kasih dan salam kenal balik.

  3. salam kenal..wah..asik dong..jadi kakak ipar nih…boleh ga foto lo..gw pajang di blog gw…boleh atau ga’ konfirmasi ke gw ya..pleace..

    ================

    salam kenal balik :d
    Soal photo, silahkan dpajang, skalian dgn sumbernya bro :d

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s