Warnet

Sial!!!

Itu merupakan ungkapan kekecewaan yang kurasakan saat main disalah satu warnet yang berada di kotaku. Bukan hanya kecewa, tapi membuat saya berpikir dua kali untuk datang ketempat tersebut. Perasaan respect yang dulu kuberikan buat warnet tersebut karena pelayanan yang diberikan menurut saya cukup baik terpaksa harus kucabut saat kejadian tersebut. Warnet yang namanya tidak usah saya sebut namun terletak di dekat salah satu kampus yang cukup menjadi idola bagi warga palopo dan sekitarnya untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Mudah-mudahan pelaku tersebut menemukan tulisan ini dan membacanya dengan senang hati, biar menjadi salah satu koreksi dengan ketidakpuasan pelayanan terakhir yang saya dapatkan tersebut.

Ceritanya begini, kemarin saat di warnet ketika lagi asyik-asyiknya mendownload sebuah aplikasi terbaru dari keluaran opera browser yaitu opera alpha 10 sambil membuka announce dari wordpress.com tentang worpress.tv, saat tutorial dalam bentuk video dari announce wordpress tersebut berjalan saya hanya duduk menunggu dan tidak melakukan aktifitas lain, mouse yang beberapa saat tidak kuganggu biar proses download dan tutorial berjalan lancar tiba-tiba saja panah dari mouse tersebut bergerak sendiri, menutup browser yang sedang saya buka dan mengakhiri proses download yang benar-benar saya harap bisa selesai. Sial!!! Benar-benar kurang ajar komputer yang saya pakai ternyata di akses penuh oleh sang admin atau operator warnet tersebut. Perasaan marah langsung naik dikepala tapi berusaha tenang. Hak dan privasi saya selaku user merasa diganggu dengan tingkah seperti itu. Segera saya mencabut flashdisk dan mengakhiri billing kemudian kemeja operator membayar tagihan dengan dialog sedikit dengan operatornya dan segera minggat.

Billing, Radmin atau aplikasi semacamnya yang ditanamkan baik itu pada komputer server maupun klien yang bertujuan untuk mengakses setiap user yang datang memang menurut saya itu sah-sah saja namun itu digunakan jangan melewati batas hingga privasi user merasa diganggu. Logikanya begini, hak admin untuk mengetahui apa-apa saja kegiatan yang dilakukan setiap user yang datang memang bisa saja dimaklumi namun ada batasan-batasan tertentu yang harus ditaati. Itu demi menjaga kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan dari kegiatan user. Ada suatu kondisi tertentu dimana admin boleh mengakses penuh user. Namun selama tidak mengganggu tentu saja kejadian yang terjadi diatas sudah melanggar dari hak user. Sebelumnya diwarnet ini juga pernah saya dapatkan aplikasi yang bertujuan untuk mencuri password user yang sedang menggunakan komputer warnet tersebut namun hal tersebut saya acuhkan saja, mungkin adminnya punya rasa penasaran yang begitu tinggi hingga menanamkan aplikasi tersebut. Memang saya juga pernah melakukan hal serupa sewaktu di warnet dulu tapi hak dan privasi user tidak boleh disalahgunakan, cukup hanya dalam sikon tertentu saja.

User adalah konsumen yang mendatangkan omzet/pemasukan, mereka datang kewarnet untuk meminjam koneksi ke internet ataupun hal-hal lain tentu imbalannya adalah duit. Disitulah pemasukan yang didapatkan oleh warnet. Perlu diingat warnet merupakan usaha menjual jasa. Jasa menyangkut tentang kepuasan dan kepuasan konsumen adalah diatas segala-galanya, jangan sampai hal ini dilupakan.

9 thoughts on “Warnet

  1. wah sama neh kek pengalamanku di jogja, warnetnya resek bgt. Opnya gak sopan. masak mentang2 gak ada uang receh dia messege ke semua client : “semua client harap bayar dengan UANG PAS” buset. bukan cuman itu aja, opnya sukanya ngehapus file orang2/user2 ampek user2 pada ngata2in Opnya lewat file, parah.

  2. Memang terkadang beberapa warnet melakukan hal seperti di atas.Tetapi yang saya alami, mereka selalu konformasi sebelum melakukan penutupan.”Mas tolong downloadnya dikurangi, kasihan user yang lain !” berhubung ditegur secara sopan ya saya menjadi terharu dan membatalkan DL😛

Tinggalkan Balasan

