Nama Supporter PSM Makassar Akan Jadi Satu

supporter-psm-makassar

Usulan agar nama komunitas supporter PSM Makassar disatukan dari yang dulu jumlahnya mencapai hingga puluhan komunitas supporter kini tinggal menunggu waktu untuk dilebur menjadi satu nama kelompok saja. Tribun timur edisi jum’at 20-12-2008 memberitakan kalau gagasan untuk menyatukan seluruh kelompok supporter tersebut akan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan dari hasil pertemuan antara beberapa pentolan kelompok supporter dengan Manajemen PSM pada hari rabu lalu (17/12) di kafe Balezza, Makassar.
Kebijakan peleburan kelompok supporter ini kemudian akan di sayembarakan untuk mencari nama supporter baru yang dianggap paling pas dan bisa menyatukan para supporter yang selama ini terpisah-pisah. Betul juga sih karena selama ini yang saya perhatikan, ada semacam dinding pemisah antara kelompok pendukung yang satu dengan kelompok pendukung lainnya baik itu diluar maupun di dalam lapangan. Dukungan yang selama ini diberikan oleh para supporter dianggap masih minim diharapkan bisa memberikan dukungan yang lebih lagi baik itu dukungan moral maupun dukungan finansial.
Mengingat PSM Makassar saat ini sangat membutuhkan bantuan dana akibat mandeknya aliran dana dari PEMDA dan sedikitnya sponsor yang melirik untuk memberikan suntikan modal menyebabkan PSM Makassar mengalami krisis. Krisis dana yang dialami mengakibatkan beberapa masalah-masalah yang timbul baik itu masalah pemotongan gaji yang menyebabkan beberapa pemain terpaksa menerima atau jika tak menerima dipersilahkan memilih hengkang dari tim, adanya masalah antar pengurus, sampai terancamnya PSM Makassar mogok ditengah jalan Liga Super Indonesia 2008 menyebabkan pengurus mengharapkan partisipasi maksimal supporter dalam penanggulangan krisis yang dialami. Partisipasi yang dimaksud adalah nanti dengan adanya pemilihan nama baru ikatan supporter yang akan dibentuk dan dipatenkan maka para supporter bisa lebih terorganisir, penggalangan dana paling tidak bisa memberikan sedikit nafas bagi PSM Makassar untuk tetap berlaga di LSI 2008. Salah satu gagasan untuk saat ini yaitu dengan adanya kerjasama pihak manajemen dengan telkomsel melalui sms peduli PSM. Menurut saya idenya bagus juga, peleburan ikatan-ikatan supporter menjadi satu mudah-mudahan bisa menjadikan supporter lebih merasa bahwa PSM Makassar bukan hanya dimiliki oleh satu atau dua kelompok supporter, PSM Makassar adalah milik masyarakat Sul-Sel dimanapun dia berada. Supporter adalah pemain keduabelas dari sebuah tim sepakbola. Merekalah yang harus menyemangati, memberikan apapun itu (Sesuai kemampuan :D) demi tim kesayangan yang menganut budaya siri’ na pacce. Hidup PSM Makassar!!! saya akan selalu mendukungmu, ewako ayam jantan dari timur!!!
Ngomong-ngomong janganki lagi nah manjat pagar lagi kalau merasa sebagai supporter sejati, jangan juga jadi supporter yang brutal😀 peace…

One thought on “Nama Supporter PSM Makassar Akan Jadi Satu

  1. ba cocokmi ces, itumi yang bikin nda kompak suporter karena merasa kelompoknya paling benar. Senangta itu kalo satu stadion menyanyi semua. mulai dari utara ke selatan. ewako. pinna stanga-stangako mundurukko

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s