Selesai AKTA, Selanjutnya Apa?

Anak AKTA 4 STAIN

Sabtu kemarin tepatnya 21/06/2008 praktek Micro Teachingku selesai sudah dan menandakan kegiatan perkuliahan telah selesai. Praktek yang sempat membuatku cemas, gugup dan lain-lain. Bagaimana tidak, baru kali ini saya merasakan bagaimana jalannya mengajar walau hanya sekedar praktek di dalam kelas dan disaksikan oleh teman seruangan dan penguji, namun membuat jantungku berdetak kencang sampai 19.000 RPM, mirip mesin F1 kitirannya hehe.

Memang setelah bertanya-tanya sama teman-teman apa perasaan itu cuman saya yang alami, ternyata semua merasakan hal yang sama meskipun ada yang telah menjadi tenaga pendidik di sekolah tempat mereka mengabdi. Kata mereka, walaupun mereka sudah pada ngajar tapi yang namanya ujian rasa deg-degan pastilah juga mereka rasakan. Apalagi bahan ajar baru kukerjakan sehari sebelum ujian praktek dimulai jadinya kalangkabut. Meski begitu, Alhamdulillah prakteknya lancar-lancar saja J.

Setelah sekitar 4 bulan ikut AKTA 4 tidak terasa sudah selesai semua cerita dalam dunia kampus dan berat rasanya kalau saya akan meninggalkan STAIN yang hanya memberiku sedikit waktu untuk mendapatkan ilmu tentang kependidikan. Rasanya masih banyak yang perlu saya ketahui dan terlalu kurang untuk turun langsung ke dunia yang menuntut keseriusan dan mental yang baik dalam mengajar sekaligus mendidik anak bangsa sebagai penerus pembangunan negeri, (kayak orang tua saja di’?).

Keadaan ini tentu memaksa saya untuk belajar sendiri atau paling tidak bisa belajar pada orang yang lebih senior yang lebih tau dan bijak dalam memberikan transfer ilmu terhadap yuniornya yang baru saja akan merintis dan bergelut dengan kehidupan pendidikan.

Yang terpikir setelah AKTA 4 ini, apa yang akan kulakukan? Tanya teman, keluarga apa ada tempat yang bisa dijadikan untuk memulai semuanya? Memulai suatu langkah yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan olehku?

Selesai AKTA, Selanjutnya Apa?kerja dimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s