PSM Makassar”ku”

 Lambang_PSM_Makassar

PSM Makassar??? Hmmm suatu kalimat yang tak asing lagi di telingaku juga bagi sebagian telinga orang Sul-Sel dari dulu sampai sekarang, dari yang umuran belasan sampai yang kakek-kakek rata-rata  telah mengenal siapa itu PSM Makassar. Kalo orang Sul-Sel tidak kenal dengan PSM Makassar tentu ini bisa dikatakan keterlaluan. “Katro” kata Mas Tukul Reynaldi Arwana.

PSM Makassar memang sudah sangat tidak asing lagi bagi kita semua. Yaitu sebuah klub yang mulanya berdiri sejak  2 November 1915 yang saat itu dinyatakan sebagai berdirinya sebuah perkumpulan sepakbola bernama Makassar Voetbal Bond (MVB) yang di kemudian hingga saat ini tercatat sebagai  Persatuan Sepakbola Makassar (PSM).

Klub sepakbola yang bermarkas di Makassar ini merupakan salah satu klub tertua di Indonesia dan menjadi salah satu klub yang konsisten berada di papan atas dengan raihan prestasi tidak hanya di Indonesia tapi juga telah meraih prestasi di wilayah asia tenggara yang lumayan membanggakan selain klub lain yang telah mewakili Indonesia di Asia.

Raihan prestasi tersebut memang tidak datang dengan mudah. Latar belakang Sul-Sel yang memang budaya persepakbolaannya sangat kental tersebut telah memberikan kontribusi tersendiri bagi pasukan Ramang. Hampir di setiap pelosok daerah anak-anak, orang dewasa, kakek nenek begitu mencintai olahraga ini. Terlihat seperti sebuah hal yang biasa kita melihat anak kecil memainkan bola dengan senang dan saling berebut di tempat-tempat keramaian yang membuktikan sepakbola merupakan olahraga yang sangat di minati di dunia.

PSM Makassar sudah begitu banyak melahirkan  pesepakbola handal mulai dari nama Ramang, Nursalam, Suardi Arlan dan lain sebagainya sampai ikon PSM makassar sekarang Syamsul Chaeruddin yang telah malang melintang di dunia persepakbolaan tanah air kita. Mereka telah berjasa mengantarkan  PSM Makassar menjadi salah satu klub yang begitu disegani dan sangat diperhitungkan.

Hingga saat ini PSM Makassar masih mencatatkan dirinya sebagai klub besar di Indonesia. Hal ini bisa di lihat pada putaran pertama LIGINA XIII PSM Makassar kokoh berada di puncak memimpin klasemen wilayah timur dengan poin 32 hasil 10 kali menang 2 kali seri dan 5 kali kalah.

PSM Makassar tahun ini menargetkan dua juara yaitu liga Indonesia dan Copa Indonesia tidaklah hanya sebuah impian saja. Dengan mengandalkan  skuad muda lokal Sul-Sel dan dukungan pemain asing yang lumayan baik, bukan tidak mungkin PSM Makassar menjadi sebuah klub yang siap mengalahkan setiap lawan-lawannya dan meraih titel juara di 2 ajang bergengsi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s